Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

5 Daftar Film yang Dapat Memberikan Inspirasi Bisnis

Tayang 18 Apr 2021
Diperbarui 16 Oktober 2023

Siapa bilang menjadi seorang pengusaha itu mudah dan menyenangkan? Setiap pengusaha pasti pernah mengalami masalah, atau mereka lebih senang menyebutnya tantangan.

Tantangan yang dialami setiap pengusaha pun bermacam-macam, misalnya saja tantangan dalam membuat inovasi usaha, atau tantangan dalam mencari alusi atas masalah selama berbisnis.

Untuk membuat inovasi pengusaha harus lebih fokus untuk mencari inspirasi, namun inspirasi tidak bisa datang begitu saja.

5 Daftar Film yang Dapat Memberikan Inspirasi Bisnis

5 Daftar Film yang Dapat Memberikan Inspirasi Bisnis

Inspirasi memang tidak bisa datang bergitu saja, tetapi insipirasi bisa datang dari mana saja, dan menonton film adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menemukan inspirasi bisnis.

Yang perlu diingat, tidak semua film bisa memberikan inspirasi bagi pengusaha, lalu apa saja bisnis yang dapat memberikan inspirasi?

Dari banyaknya jenis film tentang entrepreneurship, yang Anda harus tahu bahwa pada usaha yang membutuhkan modal kecil atau modal besar sekali pun, diharapkan Anda memiliki panutan yang menginspirasi. Dari para inspirator inilah Anda dapat mempelajari kisahnya juga tertular semangatnya dalam berbisnis.

Tidak jarang, semangat berbisnis dapat kembali menyala setelah mendapatkan cerita inspirasi dari pesan moral sebuah film yang baru saja ditonton.

Karena pada dasarnya setiap karyawan pasti mengandung pesan-pesan tersirat bagi penikmatnya.

Film-film berikut ini akan memberikan Anda gambaran tentang manis dan pahitnya dunia bisnis serta cara untuk tetap bersemangat saat menghadapi rintangan.

Inilah 5 film yang dapat memberikan inspirasi bisnis.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut

The Social Network

Siapa yang tidak kenal dengan Mark Zuckerberg? Co-founder dari Facebook ini memiliki kisah inspirasi yang diceritakan melalui film The Social Network pada tahun 2010.

Film ini menceritakan tentang perjuangan Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard yang berhasil meluncurkan jaringan media sosial terpopuler di dunia.

Dengan menonton film ini, Anda akan dapat pemahaman baru mengenai bisnis startup, sangat cocok untuk Anda yang sedang membangun atau ingin mencoba bisnis startup.

Baca Juga : 8 Pinjaman Modal Usaha yang Tepat untuk Dimanfaatkan

Tampan Tailor

Film ini menceritakan tentang perjuangan hidup Topan, seorang penjahit yang harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan putra tunggalnya Bintang.

Dengan menonton film ini, Anda dapat lebih memahami arti sebuah perjuangan dalam hidup.

Topan yang awalnya sempat kehilangan usaha jahitnya telah mencoba berbagai pekerjaan, mulai dari calo tiket, pemeran pengganti, hingga menjadi penjahit di salah satu pabrik.

Melalui kerja keras dan tekadnya, akhirnya topan berhasil dan sukses membuat toko jahitnya sendiri.

Baca Juga : Cara Mengelola Umur Piutang untuk Tingkatkan Kas

Mimpi Sejuta Dolar

Film yang diangkat dari novel karangan Merry Riana ini menceritakan tentang kisah perjuangan Merry di Singapura.

Ia diungsikan oleh orang tuanya ketika kondisi di Indonesia tidak stabil.

Merry pergi ke Singapura hanya berbekal uang yang cukup untuk lima kali makan, hal itu mengharuskan Merry bekerja untuk bertahan hidup.

Untuk mencukupi kebutuhannya, Merry bekerja sebagai penyebar brosur, bisnis online, hingga bermain saham yang berisiko tinggi.

Kondisi ekonomi Merry mengalami pasang surut, namun ia tetap semangat dan berusaha hingga akhirnya kesuksesan dan kebahagiaan datang menghampirinya.

Dengan menonton film ini, Anda akan lebih tahu arti dari perjuangan dan bagaimana tetap bersemangat meski kegagalan sering datang.

Baca Juga : Cerita Dibalik Kesuksesan Bisnis Kedai Kopi Starbucks

The Intern

perdagangan internasional

Film ber-genre drama ini menceritakan tentang kisah Ben seorang kakek 70 tahun yang telah pensiun.

Meski di masa pensiunnya ia telah sukses namun ia tetap merasa ada yang kurang dalam hidupnya.

Hingga suatu hari ada sebuah situs fashion online yang membutuhkan seorang senior intern, Ben memutuskan untuk magang di tempat tersebut.

Siapa sangka, kakek berusia 70 tahun ini harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan bergabung dengan rekan kerjanya yang usianya jauh lebih muda.

Film ini akan mengajarkan Anda bahwa masa pensiun tidak selalu menjadi akhir untuk berkarya dan belajar.

Baca Juga : 6 Tips Sukses Meeting dengan Klien dan Calon Klien

Jerry Maguire

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang agen atlet yang sukses, pandai bernegosiasi, menguasai bisnis, memiliki banyak teman, dan menjadi dambaan para wanita.

Jerry Maguire memiliki karir yang cemerlang di tempat kerjanya hingga suatu hari ia dipecat secara mendadak dari perusahaan tempatnya bekerja.

Karena tidak ingin menjadi seorang pengangguran, Jerry memutuskan untuk membangun perusahaan mulai dari nol.

Kegagalan sering dihadapi Jerry, tak hanya itu, ia juga mendapat cacian dan penolakan dari keluarga dan teman-temannya.

Namun, dengan kerja kerasnya Jerry berhasil membuktikan bahwa ia mampu mencapai sebuah kesuksesan lewat bisnis.

Itulah lima film yang dapat memberikan inspirasi dalam bisnis. Dengan adanya inspirasi, Anda akan lebih mudah dalam membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis.

Selain inspirasi, Anda juga membutuhkan pengelolaan keuangan dan transaksi bisnis yang baik.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat dengan bantuan contoh laporan keuangan dari Jurnal. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jika Anda sudah memulai bisnis, Anda pasti memerlukan tenaga akuntan untuk membereskan urusan akuntansi usaha, dan software akuntansi Jurnal bisa membantu Anda.

Aplikasi invoice dan faktur dari jurnal akan memudahkan Anda dalam memonitor transaksi oleh pelanggan bisnis dan mencetak invoice secara otomatis sehingga segala transaksi tercatat dengan baik.

Jurnal juga dapat memberikan laporan keuangan secara instan dan juga realtime. Dimana Jurnal juga memiliki fitur seperti aplikasi keuangan online maupun aplikasi bisnis.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal