Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

5 Alasan Kenapa Bisnis Membutuhkan Social Media

Tayang 25 Sep 2017
Diperbarui 10 Oktober 2023

Social media adalah sebuah media online di mana penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, membuat konten atau tulisan.

Di era digital seperti sekarang, anak kecil hingga orang dewasa pasti memiliki social media. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam memberikan berbagai informasi untuk berbagai usia.

Bukan hanya untuk berbagi informasi, social media juga telah menjadi sarana berkomunikasi dan berinteraksi secara online untuk melakukan pemasaran bisnis.

Sebagai seorang pengusaha yang baru memiliki bisnis, mencari, dan menemukan target pasar menjadi salah satu hal yang sulit. Namun kemungkinan besar dapat Anda capai dengan memanfaatkan social media.

Bukan hanya itu, social media secara tidak langsung juga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Berikut adalah beberapa alasan kenapa social media wajib Anda miliki.

1. Mengenal Pelanggan Lebih Dekat

Kunci sukses dalam sebuah bisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Dengan memiliki social media untuk bisnis, proses pengenalan pelanggan menjadi lebih mudah.

Cobalah menggunakan tools pendukung seperti Facebook Insight untuk mempelajari bahasa dominan yang diucapkan antara pengguna social media (usia atau jenis kelamin).

Informasi ini dapat membantu dalam proses branding dan promosi kepada target yang tepat.

Dalam menggunakannya, Anda juga perlu melihat tren usia pengguna masing-masing  social media sebagai acuan dalam memilih channel promosi hingga pembuatan konten yang dapat menarik target.

2. Mendengar Keinginan Pelanggan

Feedback positif maupun negatif dari konsumen adalah salah satu hal penting yang dapat meningkatkan kualitas bisnis menjadi lebih baik.

Melalui  social media, Anda akan dapat dengan cepat menerima feedback dari pelanggan. Biasanya mereka akan mengirimkan komentar pada sebuah postingan ataupun mengirimkan direct message secara langsung.

Dengan  social media, Anda juga dapat mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan.

Social media juga dapat menjadi salah satu alat atau tool untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda miliki.

Social media juga dapat menjadi salah satu alat atau tool untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda miliki.

3. Merespon dengan Cepat

Setelah pelanggan memberikan respon melalui  social media, sebagai perusahaan yang baik, Anda harus menanggapi semua feedback dengan baik dan cepat. Jika zaman dahulu pelanggan mengeluh melalui telepon, kini mereka akan menyampaikan keluhan melalui  social media.

Namun, kebanyakan perusahaan hanya memfokuskan menjawab keluhan melalui telepon dan mengabaikan keluhan melalui  social media. Padahal, keluhan pada  social media dapat dibaca dengan cepat oleh pelanggan yang mengikuti  social media Anda.

Jadi jangan pernah abaikan satu pun komentar pada  social media dan cobalah buat SOP dalam penanganan keluhan dan pertanyaan melalui  social media.

4. Melihat Persaingan Pasar

Melalui  social media, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor. Dari informasi yang didapat, Anda dapat menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Cobalah perhatikan followers kompetitor dan lihat bagaimana cara mereka memasarkan produknya. Dengan bekal informasi tersebut, Anda dapat dengan mudah membuat strategi dan rencana pemasaran, hingga mengembangkan konten yang sesuai dengan target.

Anda juga bisa mulai membuat promo digital dengan membagikan referral code atau membuat kegiatan  social media seperti kontes foto atau kuis untuk menarik dan meningkatkan daya saing pasar.

5. Meningkatkan Pengunjung Website

Semakin banyak pengunjung website, semakin besar juga peluang produk Anda dibeli.

Dalam hal ini,  social media marketing dapat membantu meningkatkan pengunjung website dan berdampak positif terhadap website rangking pada halaman Google.

Jika Anda memiliki konten yang menarik, website Anda juga dapat memperoleh banyak traffic yang berdampak positif terhadap SEO. Jadi, untuk meningkatkan pengunjung dan traffic ke website, jangan lupa untuk memberikan link di setiap postingan  social media Anda.

Tapi, perlu diperhatikan juga apa konten yang akan Anda post, jangan sampai tidak sesuai dengan link yang dituju.

Itulah beberapa alasan kenapa Anda harus mulai memiliki social media sebagai aset perusahaan. Dengan adanya  social media, pelanggan Anda dapat lebih mudah mencari dan mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang Anda jual.

Selain  social media untuk menganalisa dan menarik pelanggan, Anda juga membutuhkan laporan keuangan untuk perkembangan bisnis.

Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu membuat laporan keuangan secara mudah, cepat, aman, dan nyaman, contohnya dengan software akuntansi perusahaan jasa.

Dengan aplikasi pengelola keuangan Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Bagi Anda juga pemilik toko online coba gunakan aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal