Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

4 Tips Menarik Pelanggan dalam Bisnis Kuliner

Tayang 16 Apr 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan pokok sehari-hari. Oleh karena itu, bisnis kuliner menjadi salah satu peluang yang terus berkembang dan banyak dilirik oleh pasar.

Bisnis kuliner juga tidak memerlukan modal yang besar, Anda hanya perlu keterampilan untuk menciptakan makanan/minuman yang unik dan menarik calon pelanggan.

Target pasar bisnis ini pun beragam, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Jadi sebelum memulai bisnis kuliner, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini untuk menarik target Anda.

Buat Calon Pelanggan Percaya

Salah satu alasan seseorang membeli makanan/minuman adalah citarasa yang lezat.

Dengan memiliki rasa yang enak dan lezat, pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Bukan hanya itu, bisnis kuliner dengan rasa yang lezat pasti juga akan menjadi perbincangan, mulai dari mulut ke mulut hingga perbincangan di media sosial.

Setelah memiliki makanan/minuman dengan rasa yang telah dijamin, cobalah buat pelanggan percaya dengan produk yang Anda jual dengan menghindari pemakaian zat-zat berbahaya.

Karena kepercayaan pelanggan adalah hal yang sulit untuk didapatkan.

Jangan sampai pelanggan Anda pergi satu per satu hanya karena mereka sudah tidak percaya dengan kualitas makanan/minuman yang Anda jual.

Berikan Produk yang Inovatif

Salah satu dessert yang diproduksi Hong Tang
Bisnis kuliner ternyata juga salah satu yang memiliki banyak kompetitor.

Pelanggan yang telah Anda miliki akan dengan mudah berpaling ke kompetitor jika Anda tidak memberikan sebuah inovasi baru dalam segi produk maupun teknik pemasaran.

Untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada, Anda harus siap menjadi orang kreatif yang selalu berpikir inovatif.

Cobalah buat menu baru yang mengikuti tren, misalnya yang sekarang sedang tren adalah martabak atau es krimkekinian.

Sedangkan untuk membuat inovasi dalam segi pemasaran, Anda dapat mencoba untuk mempromosikan kuliner Anda melalui media sosial dan mengajak pelanggan untuk berbagi foto dengan hashtag tertentu.

Dalam hal ini, Anda bisa memberikan hadiah kecil-kecilan seperti voucher makan ataupun hadiah lainnya.

Baca Juga : 4 Tempat untuk Mencari Inspirasi Bisnis Kuliner

Jalin Hubungan Baik

Siapa sangka jika cara kita melayani pelanggan merupakan salah satu hal penting. Dengan pelayanan yang buruk, pelanggan dapat dengan mudah pergi meninggalkan bisnis Anda.

Jadi mulai sekarang mulailah mengubah mindset bisnis kuliner Anda dan anggaplah pelanggan adalah sebuah raja yang harus diperlakukan dengan baik.

Dengan begitu, bukan hanya pelanggan yang akan bertahan, calon pelanggan pun akan dengan mudah tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Anda juga dapat menjalin hubungan baik dengan memberikan reward ketika pelanggan Anda ulang tahun.

Hal ini tentu akan membuat hubungan baik antara Anda dan pelanggan, serta mereka juga akan merasa senang dengan perlakuan istimewa tersebut.

Berpikir Positif

Tips Menawarkan Produk Agar Mudah Diterima oleh Konsumen
Ini adalah salah satu cara yang harus selalu tertanam dalam diri Anda sebelum memulai bisnis ataupun saat menjalani sebuah bisnis.

Apapun bisnis yang akan atau sedang Anda jalankan, cobalah untuk selalu berpikir positif dan terus bekerja keras meski sedang mengalami kegagalan.

Dan perlu diingat, kegagalan adalah suatu permulaan sebelum Anda mendapatkan sebuah kesuksesan. Jangan jadikan pikiran negatif menjadi penghambat untuk Anda memulai bisnis atau mengembangkan bisnis.

Selain 4 hal di atas, untuk memulai bisnis Anda juga harus membuat proposal bisnis yang baik untuk menjalankan bisnis yang lebih mudah dan teratur. Setelah bisnis berjalan, Anda juga harus membuat laporan keuangan.

Dengan laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah mengambil keputusan ketika ingin mengembangkan bisnis kuliner menjadi lebih baik.

Jurnal adalah software akuntansi bisnis kuliner yang memberikan kemudahan dalam membuat laporan keuangan secara instan.

Jurnal menyediakan berbagai macam fitur seperti online invoice indonesia, hingga rekonsiliasi bank.

Dengan menggunakan software inventory Indonesia milik Jurnal, Anda juga dapat lebih fokus mengembangkan bisnis di mana pun dan kapan pun.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal