Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

4 Strategi Komunikasi Efektif yang Wajib Dimiliki Seorang Akuntan

Tayang 17 Apr 2021
Diperbarui 16 Oktober 2023

Strategi Komunikasi efektif adalah pertukaran informasi, ide, atau perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin hubungan baik antara pemberi dan penerima pesan.

Pengukuran efektivitas dari suatu proses komunikasi dapat dilihat dari tercapainya tujuan si pengirim pesan.

Sebagai seorang akuntan, komunikasi efektif penting dalam menjaga hubungan baik dengan karyawan dan pihak luar, seperti vendor dan klien.

Tugas seorang akuntan dalam bisnis itu termasuk salah satu hal penting, seperti persiapan dan pelaporan anggaran, pembayaran tagihan, penggajian dan pencatatan pendapatan.

Semua hal tersebut perlu dipresentasikan dengan baik kepada manajemen dan pihak lain agar memiliki arti dan tidak hanya menjadi sekumpulan angka semata.

Berikut ini merupakan beberapa strategi komunikasi efektif yang wajib dimiliki seorang akuntan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola transaksi keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Bersikap Ramah dan Efektif

Penting untuk menjadi orang yang menyenangkan saat berbicara dengan rekan kerja.

Tapi mengingat laporan keuangan adalah masalah penting dan orang-orang yang Anda hadapi adalah orang penting, maka cobalah berbicara langsung ke titik permasalahan tanpa membuang waktu.

Cari tahu apa yang perlu Anda katakan dan selesaikan pembicaraan dengan jelas.

Pastikan bahwa semua pihak yang berkepentingan dengan masalah laporan keuangan tersebut memahami semua laporan dan berikan sebuah presentasi laporan yang penuh kepastian.

Berikan Jeda dan Kesempatan Bertanya

Ketika Anda sudah menyelesaikan sebuah presentasi dan akan melanjutkan ke presentasi berikutnya, tidak ada salahnya Anda memberi sedikit jeda agar pihak-pihak yang berkepentingan dengan contoh laporan keuangan tersebut, benar-benar telah memahami apa yang Anda sampaikan dan menyiapkan diri untuk bertanya jika ada beberapa hal yang belum mereka pahami.

Tergesa-gesa dalam melakukan presentasi akan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman yang justru akan menambah panjang waktu untuk memberi penjelasan kembali.

Buatlah Perencanaan

strategi komunikasi efektif

Buatlah perencanaan untuk mengomunikasikan startegi komunikasi yang efektif.

Berikan Contoh Nyata

Penggunaan data akuntansi yang paling penting adalah untuk mengomunikasikan informasi angka menjadi sebuah bahasa yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan.

Memungkinkan manajemen membuat keputusan yang baik. Informasi akuntansi harus masuk akal dan dipahami.

Mengubah deretan angka menjadi sebuah kata-kata terkadang tidaklah mudah. Jika Anda tidak yakin bagaimana mengungkapkan apa yang ingin dikatakan.

Anda bisa mengambil  sebuah cerita sebagai contoh untuk membantu sesorang memiliki persepsi yang sama tentang apa yang Anda sampaikan.

Itulah keempat strategi komunikasi efektif yang bisa Anda ikuti dan wajib dimiliki oleh seorang akuntan yang  ingin melakukan sebuah presentasi laporan keuangan.

Untuk pihak-pihak yang berkepentingan misalnya Investor, pihak Bank, maupun pemerintah dengan baik dan nyaman.

Untuk membantu membuat presentasi laporan keuangan secara efektif. seorang akuntan juga membutuhkan sistem akuntansi handal yang mampu mendukung dan menyediakan data secara realtime dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

Jurnal software akuntansi online yang dapat membantu seorang akuntan maupun pemilik bisnis dalam membuat dan memonitor laporan keuangan secara realtime, di mana saja dan kapan saja.

Jurnal sebagai aplikasi akuntansi android juga menyediakan sebuah analisis grafik data yang memudahkan Anda dalam mengetahui kondisi keuangan terkini dari setiap bukti transaksi.

Akuntansi seperti peningkatan atau penurunan penjualan, aktiva, ketersediaan barang dan keuntungan.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal