Mekari Jurnal
Daftar Isi
13 min read

9 Manfaat dan Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan

Tayang 06 Apr 2022
Diperbarui 07 November 2023

Apa saja manfaat dan tujuan dari adanya laporan keuangan bagi pengusaha, bisnis, investor, manajemen perusahaan, karyawan, pelanggan, masyarakat bahkan pemerintah? Temukan jawabannya di Blog Mekari Jurnal!

Laporan keuangan dibuat untuk mengetahui informasi yang menyangkut kondisi keuangan, kinerja karyawan, dan perubahan posisi keuangan perusahaan yang dapat memanfaatkan pengusaha untuk pengambilan keputusan di kemudian hari.

Selain sebagai bahan pertanggungjawaban kegiatan suatu perusahaan terhadap investor dan pihak berkepentingan lainnya.

Laporan ini juga bisa menjadi sumber informasi mengenai posisi keuangan yang telah mencapai suatu perusahaan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi perusahaan untuk memiliki laporan keuangan sederhana ataupun kompleks.

Menurut pendapat dari dari Munawir (2010:5), laporan keuangan pada umumnya terdiri atas neraca serta perhitungan laba rugi dan juga perubahan ekuitas dari suatu entitas di dalam neraca terdiri dari data sejumlah aset kewajiban perusahaan dan juga ekuitas dari sebuah perusahaan dalam satu periode tertentu. Sementara di dalam bagian laba rugi berisi berbagai hasil dan juga beban perusahaan yang berhasil diraih.

Di artikel ini, Blog Mekari Jurnal akan membahas tentang apa saja manfaat dan tujuan dari laporan keuangan bagi berbagai pihak seperti: 

  1. Pemilik perusahaan atau pengusaha
  2. Manajemen perusahaan
  3. Pemegang saham dan calon investor
  4. Pemasok atau supplier
  5. Karyawan
  6. Pelanggan
  7. Pemberi pinjaman atau kreditor
  8. Pemerintah
  9. Masyarakat

buat contoh laporan keuangan sederhana hingga kompleks lebih akurat dengan mekari jurnal

Tujuan Dibuatnya Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah dokumen penting perusahaan yang berisi data-data penting seperti aset, kewajiban, beban, net worth, pendapatan dan juga perubahan ekuitas serta arus kas.

Dengan adanya data-data ini, pihak-pihak terkait dapat melihat bagaimana kondisi perusahaan selama periode tertentu.

Tujuan dibuatnya laporan keuangan perusahaan, yaitu:

  1. Membantu perusahaan menilai kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu.
  2. Menyajikan informasi atau data-data yang komprehensif mengenai kedudukan keuangan perusahaan, misalnya seperti ulasan kondisi perusahaan secara menyeluruh atau ulasan kondisi keuangan perusahaan secara spesifik.
  3. Sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan penting perusahaan, terutama yang berhubungan dengan keuangan perusahaan atau kelangsungan hidup perusahaan.
  4. Menciptakan hal baru bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan.
  5. Kredibilitas perusahaan juga meningkat karena perusahaan dengan laporan keuangan yang stabil dan baik berarti berhasil mengelola perusahaan terutama keuangan dengan baik.
  6. Menjadi bahan penilaian kemampuan pemilik bisnis untuk memenuhi seluruh kewajibannya yang mencakup kemampuan jangka pendek maupun jangka panjang, struktur modal perusahaan, pendistribusian aktiva, juga efektivitas penggunaan aktiva.

Menurut Standar Akuntansi Keuangan (Ikatan Akuntan Indonesia 2002:4) laporan keuangan dibuat dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang berkaitan dengan kondisi keuangan, kinerja, seta perubahan kondisi keuangan dan dapat dimanfaatkan bagi penggunanya sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Apa Saja Manfaat Laporan Keuangan Bagi Berbagai Pihak?

Seperti yang telah mengetahui bahwa laporan keuangan dibutuhkan untuk meninjau pajak maupun sebagai syarat bagi pihak luar seperti pemerintah, perusahaan lain, atau lembaga keuangan.

Mereka akan meminta laporan keuangan perusahaan sebagai syarat kerja sama untuk meninjau prospek bisnis yang Anda miliki di masa depan.

Tidak mungkin pihak luar mau bekerja sama dengan bisnis yang tidak memiliki prospek untuk kedepannya.

Laporan keuangan bukan hanya berguna untuk pengusaha ataupun bisnis, tapi ada beberapa pihak yang bisa mendapatkan keuntungan dan juga manfaat dari sebuah laporan keuangan, seperti.

Baca juga: Nota Toko: Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pemilik Perusahaan atau Bisnis

Berikut ini adalah beberapa tujuan dan manfaat dari laporan keuangan yang bisa didapatkan oleh pemilik perusahaan, bisnis ataupun pengusaha:

1. Memisahkan aset bisnis dengan aset pribadi

Laporan atau pembukuan keuangan dapat membuat aset pribadi tidak bercampur dengan aset bisnis, sehingga meminimalkan risiko bisnis.

Selain itu, dengan menggunakan laporan ini para pengusaha bisa menjalankan perusahaan dengan lebih profesional.

2. Acuan penting dalam pengambilan keputusan

Pernahkah Anda merasa kesulitan ketika ingin mengambil keputusan bisnis? Disinilah Anda akan merasakan manfaat laporan keuangan yang ada.

Selain dapat melakukan evaluasi, pengusaha juga dapat lebih mudah mengambil keputusan yang paling tepat dengan adanya laporan keuangan.

Jika laporan keuangan menunjukkan perkembangan, maka pengusaha bisa bebas menentukan strategi untuk tahun mendatang.

Selain itu, manajemen perusahaan juga dapat melihat kondisi keuangan bisnis pada periode tertentu untuk memastikan apakah kondisi keuangannya sehat, kritis, atau bangkrut.

Dengan demikian, mereka dapat membuat keputusan terkait pembelian aset, kenaikan gaji karyawan, mencari modal, menambah pinjaman, pembagian bonus, pembagian dividen, dan masih banyak lagi.

Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Perusahaan Dan Karyawan

3. Mendapatkan pinjaman modal

Seperti yang telah kita sama-sama ketahui, laporan keuangan juga menjadi salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman modal usaha ke bank atau kreditur lain, termasuk ketika Anda ingin mengajukan pinjaman melalui P2P Lending seperti Akseleran.

Dengan laporan keuangan yang baik, kreditur akan lebih mudah memutuskan untuk memberikan pinjaman ke perusahaan Anda.

Baca Juga : Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Kenali Fungsi dan Besarannya

4. Informasi untuk perhitungan pajak

Laporan keuangan memegang peran penting dalam penyajian informasi untuk menjadi sebagai bahan dasar perhitungan pajak.

Bahan dasar di sini mengandung makna bahwa informasi dalam laporan keuangan harus mengelola lebih lanjut, tujuan nya agar dapat menentukan besarnya pajak terutang dalam suatu perusahaan.

5. Melihat jumlah keuntungan

Dalam suatu bisnis tentunya akan ada fase di mana Anda memiliki pendapatan yang banyak atau sedikit.

Melalui laporan inilah Anda bisa melihat dan menganalisa berapa jumlah keuntungan dari bisnis, apakah memiliki keuntungan yang tinggi atau malah mengalami kerugian?

Melalui lajur debit dan kredit yang ada, Anda bisa melihat semuanya dengan transparan.

Selain yang disebutkan di atas, tujuan serta manfaat laporan keuangan juga dapat memberikan keuntungan bagi Anda sebagai pengusaha dan juga untuk perusahaan Anda sendiri, salah satunya adalah melindungi aset perusahaan dari kebocoran maupun kecurangan.

Sebagai contoh, ketika memulai bisnis dan tidak memiliki laporan keuangan, pada bulan pertama bisnis Anda berjalan, telah terjadi pemborosan sebesar Rp2.000.000.

Ketika bisnis sudah berjalan selama 2 tahun, maka pemborosan atau kebocoran keuangan yang terjadi akan membengkak menjadi Rp48.000.000. Ini bukanlah jumlah yang sedikit.

Bukan itu saja, jika satu pemborosan tidak diketahui atau tertangani dengan baik, maka akan ada kemungkinan terjadi pemborosan atau kebocoran aset di tempat lainnya.

Hal ini tentu sangat merugikan perusahaan dan juga membuat keuangan bisnis menjadi tidak baik.

Selain itu, ketiadaan laporan keuangan akan menghambat bisnis Anda untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang pertumbuhan bisnis dari waktu ke waktu.

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaaan adalah orang terpenting yang sangat membutuhkan manfaat dari laporan keuangan.

Bagi perusahaan itu sendiri, laporan keuangan memiliki manfaat yaitu sebagai bahan evaluasi tentang kondisi keuangan perusahaan.

Dari laporan keuangan perusahaan, bisa diketahui mana aset yang berharga, mana produk yang paling tinggi terjual hingga yang kurang disukai oleh pasar. Dengan data tersebut, perusahaan dapat mengambil langkah di periode selanjutnya.

Misalnya dengan memperbaiki produk yang kurang disukai masyarakat agar lebih bisa diterima masyarakat kedepannya.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui dan memastikan bahwa semua proses telah berjalan dengan baik.

Manfaat laporan keuangan yang dibuat denga aplikasi seperti Mekari Jurnal ini juga dapat menjadi acuan dalam mendukung aspek perencanaan bisnis di masa akan datang.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Mekari Jurnal! Coba Gratis Sekarang!

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pemegang Saham dan Calon Investor

Sebagai penanam modal pada bisnis, investor pasti selalu ingin tahu apakah modal yang mereka berikan telah digunakan secara tepat.

Bagi para pemegang saham dan juga calon investor, perusahaan dengan kondisi keuangan yang stabil tentunya akan lebih dipercaya.

Jika suatu perusahaan memiliki kondisi keuangan yang stabil dan baik, berarti peluang sahamnya bernilai tinggi adalah kesempatan yang bagus.

Sebaliknya, jika kondisi keuangan suatu perusahaan tidak stabil, hal ini membuat pemegang saham khawatir akan merugi.

Dengan laporan keuangan yang baik, investor akan merasa yakin terhadap bisnis Anda.

Dengan begitu, mereka tidak akan merasa keberatan untuk menanamkan modalnya ke perusahaan, sehingga perusahaan dapat lebih mudah mengembangkan bisnis dengan modal tambahan dari investor tersebut.

Untuk lebih jelasnya, manfaat laporan keuangan bagi pemegang saham dan calon investor adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui nilai keuntungan atau laba bersih perusahaan

Tentunya investor ingin menanamkan modal pada bisnis yang menghasilkan keuntungan.

Hal ini karena investor mendapatkan imbalan karena telah menanamkan modal kepada perusahaan yang berupa dividen.

Jumlah dividen yang diterima tergantung dari laba bersih atau keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan.

2. Mengidentifikasi margin keuntungan

Investor akan melihat berapa margin keuntungan yang didapatkan dari penjualan setiap produk.

Informasi atas margin keuntungan yang dapat dilihat dari laporan keuangan membuat investor dapat membandingkan nilai keuntungan berdasarkan industri yang serupa.

Jika , margin keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan lebih tinggi dari kompetitor, maka investor lebih percaya bahwa bisnis tersebut menjanjikan keuntungan yang lebih maksimal.

Baca juga: Strategi Menyusun Laporan Keuangan untuk Memikat Hati Investor

3. Mengetahui potensi penjualan

Calon investor perlu mengetahui kemampuan dan potensi perusahaan dalam menjual produknya karena akan berdampak langsung terhadap jumlah keuntungan.

Jika penjualan produk perusahaan tinggi, maka investor yakin bahwa ada potensi pertumbuhan.

Sebaliknya jika penjualan produk rendah, kemungkinan ada masalah pada produk atau rendahnya permintaan pasar sehingga tidak ideal untuk diinvestasikan.

4. Menganalisis perputaran utang dan piutang

Bagi investor, laporan keuangan juga dapat memberikan informasi mengenai perputaran piutang dan jumlah utang yang dimiliki perusahaan.

Memiliki utang adalah hal yang umum bagi perusahaan, tetapi, jumlah utang tersebut harus berada dalam batasan yang aman.

Selain itu analisis perputaran piutang juga berguna untuk melihat stabil atau tidaknya pelanggan dalam melakukan pembayaran.

Buat laporan keuangan lebih mudah dengan software akuntansi online jurnal

5. Mengidentifikasi BEP (Break Even Point)

Ketika berinvestasi pada suatu perusahaan, tentu saja investor mengharapkan adanya return atau imbal hasil dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengetahui titik impas atau break even point (BEP).

Alhasil, investor dapat memutuskan berapa jumlah uang yang diinvestasikan dan kapan mereka mendapatkan hasil dari investasi tersebut.

Baca juga: Untuk Menghitung Break Even Point. Simak Rumus BEP dan Contoh Perhitungannya

6. Memantau arus kas perusahaan

Dari laporan keuangan, investor dapat memantau aliran uang di perusahaan, lalu menjadikannya sebagai bahan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengelola keuangan.

Dari laporan arus kas di masa kini, investor dapat memprediksi perputaran kas di masa yang akan datang karena memengaruhi kecepatan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang.

7. Pertimbangan untuk berinvestasi

Laporan keuangan dapat membantu investor menganalisis bagaimana performa dan kesehatan keuangan perusahaan.

Dengan informasi yang diberikan, investor dapat memutuskan apakah mereka akan meneruskan investasi di perusahaan tersebut.

Laporan keuangan yang dikeluarkan perusahaan dapat membantu investor memahami situasi di perusahaan serta mengevaluasi kinerja perusahaan di masa ini.

Dengan kata lain, manfaat laporan keuangan bagi investor adalah membantu mereka membuat keputusan, di mana mereka dapat memulai, melanjutkan, menambah, mengurangi, atau menarik investasi di suatu perusahaan

manfaat laporan keuangan

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pemasok atau Supplier

Pemasok atau supplier juga berhak mengetahui laporan keuangan perusahaan Anda, terutama jika Anda membeli barang dengan sistem kredit atau tidak langsung dibayar tunai.

Dengan informasi yang disajikan pada laporan tersebut, supplier bisa mengambil keputusan apakah perusahaan Anda memiliki kemampuan membayar tagihan sesuai nominal yang tertera atau tidak.

Jika perusahaan dinilai tidak mampu, supplier akan menolak kerja sama dengan perusahaan atau dapat mengajukan negosiasi dalam kerja sama tersebut.

Baca Juga : Pentingnya Aplikasi Akuntansi Sederhana untuk UKM Anda

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Karyawan Perusahaan

Karyawan biasanya ingin mengetahui laporan keuangan untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk membayarkan gaji.

Dengan laporan keuangan yang stabil tentunya karyawan akan lebih percaya kepada perusahaan.

Perusahaan yang mampu mengelola keuangan dengan baik berarti memiliki manajemen yang baik.

Dengan begitu, kinerja dan kredibilitas perusahaan lebih dipercaya oleh siapapun yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Laporan keuangan yang baik akan membantu pihak perusahaan untuk bekerjasama dengan karyawan terkait pembayaran di masa-masa sulit bisnis Anda.

Karyawan pun merasa betah bekerja di perusahaan.

Bagi karyawan laporan keuangan perusahaan digunakan untuk menilai bagaimana kemajuan dari perusahaan.

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pelanggan

Dari sudut pandang pelanggan, laporan keuangan bisa menjadi pegangan untuk percaya dengan suatu perusahaan.

Laporan keuangan yang baik memiliki manfaat yaitu menunjukkan riwayat bisnis yang baik sehingga akan meyakinkan pelanggan untuk mengambil sebuah kesepakatan kerjasama.

Jika pelanggan terikat kontrak jangka panjang, laporan keuangan yang stabil berarti perusahaan berjalan dengan lancar dan kondisi perusahaan aman.

Tetapi jika laporan keuangan berantakan dan tiba-tiba perusahaan harus mendeklarasikan bangkrut atau pailit maka pelanggan dengan kontrak jangka panjang akan dirugikan untuk perkara ini.

Pelanggan yang terikat perjanjian kerja sama untuk memasarkan produk Anda juga berhak mengetahui laporan keuangan perusahaan.

Mereka berhak tahu kelangsungan bisnis, terutama jika mereka terkait dengan perjanjian jangka panjang dengan bisnis Anda.

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pemberi Pinjaman atau Kreditor

Sebagai pihak yang meminjamkan tambahan modal untuk membantu bisnis Anda tetap berjalan dengan baik, kreditor akan meminta laporan keuangan perusahaan.

Laporan ini akan memberikan informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan yang akan memberi manfaat kepada kreditor sebagai bahan acuan untuk menolak ataupun menyetujui pinjaman yang diajukan.

Kreditor akan memperoleh keyakinan bahwa uang yang akan atau telah mereka pinjamkan tidak jatuh ke tangan yang salah.

Jika pinjaman itu disetujui, artinya kreditor yakin bahwa perusahaan tersebut mampu membayar dan mengembalikan pinjaman sesuai jangka waktu yang telah disepakati bersama.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pemerintah

Setiap bisnis yang terlapor akan memiliki kewajiban terhadap pemerintah untuk membayar pajak.

Besaran pajak yang dibayarkan akan sesuai dengan besaran angka yang tertulis dari laporan keuangan yang dimiliki oleh bisnis.

Semakin awal merapikan dan membuat laporan keuangan, Anda akan terhindar dari masalah penting terkait kewajiban pajak seperti penggelapan pajak yang akan terkait masalah hukum atau pengurangan pajak tertanggung yang justru akan memberi keuntungan bagi bisnis.

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Masyarakat

Sebuah perusahaan bisa memberi pengaruh terhadap masyarakat dalam beberapa cara.

Misalnya jumlah orang yang menjadi pekerja di perusahaan dan perlindungan untuk penanam modal dalam negeri.

Informasi keuangan perusahaan yang baik dapat membantu masyarakat menyediakan info atau tren perkembangan terakhir tentang rangkaian aktivitas perusahaan.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Ms. Excel

Gunakan Software Akuntansi Mekari Jurnal dalam Membuat Laporan Keuangan

Dari banyaknya manfaat laporan keuangan, masih banyak pengusaha yang belum menjalankan proses akuntansi yang satu ini dengan alasan ribet, tidak mengerti, hingga tidak ada waktu untuk membuatnya.

Tanpa laporan keuangan, Anda bisa kehilangan modal, kehilangan investor, tidak memiliki kreditor yang bersedia memberi pinjaman pada bisnis Anda dan juga tidak memiliki kerja sama dengan perusahaan lain karena ragu terhadap kinerja perusahaan Anda selama ini.

Jadi cobalah merapikan keuangan bisnis mulai sekarang karena dengan laporan yang baik dan rapi, Anda dapat lebih mudah mengelola keuangan bisnis.

Untuk membantu membuat laporan keuangan, Anda dapat mempercayakannya dengan Mekari Jurnal.

Jurnal adalah salah satu aplikasi akuntansi keuangan yang yang aman, praktis, dan dapat diandalkan untuk mengelola laporan keuangan bisnis kecil maupun menengah.

Anda dapat membuat laporan keuangan secara realtime dan dapat memonitor laporan di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, Anda dapat terhindar dari kesalahan, seperti salah pencatatan dan rekonsiliasi, tidak menyimpan kwitansi dan nota, atau kesalahan dalam perhitungan.

Coba Jurnal GRATIS selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan tentang apa saja manfaat laporan keuangan bagi pemilik perusahaan, bisnis, pengusaha, calon investor, manajemen, karyawan, hingga masyarakat.

Nah, sekarang Anda bisa menjawab beberapa pertanyan seperti apa saja:

  • Jelaskan manfaat laporan keuangan dalam sebuah kegiatan usaha?
  • Berikut ini yang tidak termasuk manfaat penting laporan keuangan untuk sebuah usaha adalah?

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal